How Multimedia Production Works | One Productions Ireland
 Sumber Ilustrasi ; https://www.oneproductions.com/
 
Hallo semuanya!!

Perkenalkan namaku Agus Syuhada NIM 2207125092 Prodi Teknik Informatika - A.

Pada postingan ini aku akan menjelasakan sekaligus menampilkan 1 video dalam 10 format yang berbeda. Berikut masing-masing tautan yang akan menampilkan videonya dengan 10 format yang berbeda.

Sumber Video : https://www.youtube.com/@EntertainmentAccess

1. MP4    [ KLIK DISINI ]

MP4 (MPEG-4 Part 14) adalah format file video yang paling populer saat ini. Format ini dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) dan menggunakan kompresi video MPEG-4 dan audio Advanced Audio Coding (AAC). MP4 dapat menyimpan video, audio, dan subtitle dalam satu file. MP4 juga mendukung streaming video dan penggunaan DRM (Digital Rights Management).

2. 3GP    [ KLIK DISINI ]

3GP adalah format file video yang awalnya dikembangkan untuk digunakan pada ponsel. Format ini dikembangkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP) dan menggunakan kompresi video MPEG-4 dan audio Adaptive Multi-Rate (AMR). 3GP dapat menyimpan video, audio, dan subtitle dalam satu file.

3. AVI    KLIK DISINI ]

AVI adalah format file video yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1992. Format ini menggunakan beberapa codec video dan audio, sehingga dapat menyimpan video dan audio dalam berbagai format. Namun, karena beberapa codec yang digunakan sudah tidak lagi didukung, AVI tidak lagi menjadi format file video yang paling populer saat ini.

4. M4V [ KLIK DISINI ]

M4V adalah format file video yang dikembangkan oleh Apple Inc. Format ini serupa dengan format MP4, namun M4V biasanya digunakan untuk menyimpan video yang diunduh dari iTunes Store atau dipinjamkan dari pustaka iTunes. M4V umumnya menggunakan kompresi video H.264, yang menghasilkan kualitas video yang baik dengan ukuran file yang relatif kecil.

 5. OGV [ KLIK DISINI ]

OGV adalah format file video open source yang mirip dengan Ogg. OGV dikembangkan oleh Xiph.org Foundation dan menggunakan codec Theora untuk video dan codec Vorbis untuk audio. OGV sering digunakan untuk video web, dan didukung oleh beberapa browser web seperti Firefox dan Chrome.

6.  MOV [ KLIK DISINI ]

MOV adalah format file multimedia yang dikembangkan oleh Apple dan digunakan untuk menyimpan video, audio, dan data media lainnya. MOV sering digunakan untuk menyimpan video dan audio dalam format QuickTime, dan didukung oleh banyak perangkat lunak dan perangkat.

7. WEBM [ KLIK DISINI ]

WEBM adalah format file video open source yang dikembangkan oleh Google. WebM menggunakan codec VP8 atau VP9 untuk video dan codec Vorbis atau Opus untuk audio. WebM didukung oleh beberapa browser web seperti Firefox, Chrome, dan Opera, dan sering digunakan untuk video web.

8. WMV [ KLIK DISINI ]

WMV adalah format file video yang dikembangkan oleh Microsoft. WMV biasanya digunakan untuk video streaming dan kompresi video dalam format Windows Media Video. WMV didukung oleh banyak perangkat lunak dan perangkat, termasuk Windows Media Player dan Xbox.

9. WM [ KLIK DISINI ]

WM atau Windows Media File adalah format file multimedia yang dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan pada sistem operasi Windows. Format ini terutama digunakan untuk menyimpan audio dan video dalam satu file. File WM menggunakan kompresi data lossy, yang berarti bahwa beberapa informasi dihilangkan selama proses kompresi untuk mengurangi ukuran file.

10. MPEG [ KLIK DISINI ]

MPEG adalah format file multimedia yang dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group. MPEG sering digunakan untuk video digital dan televisi, dan mendukung berbagai tingkat kompresi dan kualitas video. MPEG dibagi menjadi beberapa format yang berbeda, termasuk MPEG-1, MPEG-2, MPEG-3, dan MPEG-4. MPEG-4 sering digunakan untuk video streaming dan kompresi video di web.

 

Demikian penjelasan singkat tentang format file yang dapat digunakan dalam file video. Dengan banyaknya format yang tersedia memudahkan kita untuk memilih format yang akan digunakan agar dapat diputar dengan lancar sesuai dengan perangkat yang digunakan.