Nama  : Agus Syuhada

NIM    : 2207125092

Kelas   : Teknik Informatika – A

 

 

Laporan Kegiatan Tugas Akhir Sistem Multimedia

Minggu Ke-1

Rabu, 17 Mei 2023

No

Kegiatan

1

Mencari identifikasi masalah untuk diangkat sebagai dasar projek. Kemudian didapatkan masalah yang akan diselesaikan terkait dengan kejenuhan saat presentasi yang dilakukan selama proses pembelajaran.

2

Mencari penyelesain masalah dari projek yang akan dibuat. Kemudian didapatkan penyelesaian masalah berupa memberikan solusi kepada presenter untuk dapat menciptakan presentasi yang lebih menarik, efektif, dan tidak membosankan.

3

Menyusun judul dari masalah yang akan diangkat menjadi projek. Kemudian didapatkan judul “Presentasi yang Menarik: Tips untuk Menghindari Kejenuhan”.

4

Menyusun dasar teori dari masalah yang akan diangkat menjadi projek. Kemudian diapatan dasar teori berupa Prinsip Struktur Presentasi, Prinsip Keterlibatan Audiens, Prinsip Desain Visual, dan Komunikasi Yang Efektif.

 

Lampiran Foto Kegiatan Minggu Ke-1


Laporan Kegiatan Tugas Akhir Sistem Multimedia

Minggu Ke-2

Rabu, 24 Mei 2023

No

Kegiatan

1

Membuat urutan perencanaan pembuatan video dari projek yang akan dibuat. Kemudian didapatkan urutan perencanaan berupa Penentuan Tujuan, Penulisan Naskah, Mempersiapkan Media Visual, Perekaman Video, Pengedian Video, dan Penghasilan Video Akhir.

2

Membuat poin-poin penting naskah video yang akan dibuat. Kemudian didapatkan poin-poin berupa Pendahuluan (Pengantar dan Tujuan), Isi (Memberikan beberapa tips dan contoh presentasi yang menarik), dan Penutup (Ringkasan dan Motivasi).

3

Menyusun naskah video berdasarkan poin-poin yang sudah dibuat. Kemudian didapatkan teks naskah lengkap yang sudah disusun dengan bahasa yang menarik, mudah dimengerti dan tidak membosankan.

4

Mempersiapkan media visual sebagai objek pendukung pembuatan video dari projek yang akan dibuat. Kemudian didapatkan media berupa gambar yang dapat digunakan sebagai hiasan tambahan, dan audio yang akan digunakan sebagai backsound dalam video projek.

 

Lampiran Foto Kegiatan Minggu Ke-2

 

Laporan Kegiatan Tugas Akhir Sistem Multimedia

Minggu Ke-3

Rabu, 31 Mei 2023

No

Kegiatan

1

Mempersiapkan peralatan pendukung perekaman video yang akan dibuat. Peralatan yang dipersiapan berupa earphone, smartphone, tripod, laptop, lampu, dan alat peraga.

2

Melakukan pra-perekaman untuk mendapatkan scene yang memuaskan. Pra-perekaman yang dilakukan berupa latihan membaca naskah secara berulang-ulang, melatih gaya bicara, melatih gerak tangan dan melatih mimik wajah.

3

Memperiapkan tempat perekaman video yang akan dibuat. Perekaman dilakukan di dalam kamar kost dengan menggunakan lampu sebagai sumber pencahayaan dan memanfaatkan warna dinding kamar sebagai latar green screen.

4

Melakukan perekaman video yang akan dibuat. Perekaman dilakukan dengan membagi video menjadi beberapa scene, setiap scene diambil beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

 

Lampiran Foto Kegiatan Minggu Ke-3

 

Laporan Kegiatan Tugas Akhir Sistem Multimedia

Minggu Ke-4

Rabu, 7 Juni 2023

No

Kegiatan

1

Melakukan pengeditan video yang akan dibuat. Pengeditan dilakukan menggunakan software CapCut di android dengan mengabungkan semua scene yang telah direkam sebelumnya, serta mengabungkkan media visual yang telah diperoleh.

2

Mengunggah video yang telah dibuat. Video yang telah dibuat diunggah ke beberapa platform media sosial diantaranya, Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.

3

Membuat laporan dokumentasi projek yang telah dibuat. Laporan dokumentasi projek berisikan identifikasi masalah, penyelesaian masalah, dasar teori, hasil, dan kesimpulan

 

Lampiran Foto Kegiatan Minggu Ke-4